Credit Union Hati Amboina Menyelenggarakan Monev

z-2

Credit Union melaksanakan misi sejatinya yaitu memberdayakan anggota untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Credit Union tidak boleh hanya berorientasi meningkatkan jumlah anggota dan aset tetapi sungguh-sungguh memperhatikan program­program yang telah ditetapkan pada saat Business Plan yang bertujuan  untuk memperkuat Lembaga dan anggota.

Credit Union hati amboina terus mengalami perkembangan secara signifikan, dilihat dari peningkatan Aset maup  un anggota yang terus bertambah namun perkembangan ini harus terus dikontrol dan dievaluasi secara kontinyu agar dapat mengetahui persoalan-persoalan yang terjadi dan dapat melahirkan rekomendasi-rekomendasi penting untuk perbaikan.

Hal penting yang harus selalu diperhatikan adalah perekrutan anggota, sistem akuntansi keuangan, pendidikan dan pemberdayaan anggota, tata kelola, kemampuan manajemen dalam pelayanan serta pencatatan dan pelaporan setiap kegiatan tersebut juga semakin kompleks. Dalam pelaporan yang dilakukan didasarkan pada struktur organisasi CU yang terdiri dari empat bidang utama yaitu bidang Keuangan, Bidang kredit, DIKLAT dan Tata Usaha serta memperhatikan Kinerja Pengurus, Pengawas, Komite dan Manajemen

Setiap bidang yang bersangkutan memiliki aktivitas dan pelaporan dari masing-masing bidang tersebut dan akan dikonsolidasikan pada periode tertentu. Monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan pada bidang-bidang tersebut sangat penting untuk dilakukan guna untuk megetahui apakah setiap rencana kerja yang telah disusun sebelumnya dapat terealisasikan pada periode yang bersangkutan

Monitoring dan Evaluasi dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Mengevaluasi capaian program kerja masing-masing bidang pada setiap KP sesuai dengan program yang telah di tetapkan pada saat Business Plan TB 2015
  2. Mengetahui kendala-kendala yang dialami dan membuat rekomendasi perbaikan pada bidang-bidang yang masih belum tercapai ataupun ideal
  3. Membahas persoalan-persoalan penting yang terjadi di CUHA dan membuat rekomendasi penyelesaiannya

Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan Periode Januari s/d September 2015 dilaksanakan pada :

  • Tempat Kegiatan : Elizabeth Hotel and Resort

Jl. Imam Bonjol No. 15 – Ambon

  • Waktu kegiatan : 23 – 25 Oktober 2015
  • Check In : Kamis, 22 Oktober 2015
  • Check Out : Senin, 26 Oktober 2015
DSC_0002

Fasilitator Monev CUHA

Kegiatan ini di Fasilitasi Oleh fasilitator internal CUHA sebanyak 3 orang yang terdiri dari Pengurus, Pengawas dan Manajemen : Bpk. Fredy Talapessy ( Bendahara ), Ibu Fransiska N Ralahallo ( Anggota Pengawas ) dan Ibu Yuliana Latan (Plh. Manajer “Kabag TU”) dan Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 27 Orang yang terdiri dari Pengurus 6 Orang, Pengawas 2 Orang, Komite KP : 8 Oraang ( Ambon (3 Org), Saumlaki (3 Org) dan Kei Kecil (2 Org), Manajemen Kantor Induk 5 Orang, Manajemen KP 6 Orang ( Ambon (2 Org), Saumlaki (2 Org) dan Kei Kecil (2 Org).

dalam pelaksanaan kegiatan ini juga dibentuk panitia agar dapat mengkoordinir sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan panitia terdiri dari : Ketua “P. Isaias Titirloloby, Pr”, Sekretaris :  “aLan Oratmangun”, Bendahara “Yeremias Jimmy Lelyemin”, Seksi Acara “Maria J. F  Esomar” Seksi Liturgi “Bpk. Doni Sarbunan”, Seksi Konsumsi “Teresia D Subankoly”, Seksi Akomodasi & Dok. “Paulus Koryesin”

Pelaksanaan kegiatan

Pada tanggal 22 oktober 2015 peserta yang berasal dari kantor pelayanan Saumlaki dan kei kecil tiba di ambon dan langsung menuju ke tempat kegiatan yaitu Hotel Elisabeth dan melakukan Check In sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan oleh panitia, setelah itu peserta dari wilayah ambon diantaranya para pengurus, pengawas dan komite dari KP Ambon.

Kegiatan Monev di mulai pada Jam 20:30 wit yang diawali dengan Lagu Indonesia raya dan pembacaan Visi, Misi, Slogan dan Nilai-nilai inti. Selanjutnya sambutan serta Pembukaan Lokakarya Monitoring dan Evaluasi Oleh Ketua Pengurus; P. Inno Renwarin, MSC, dalam sambutannya, beberapa hal yang disampaikan adalah sapaan bagi para peserta yang datang dari KP-KP, Saumlaki, Kei Kecil dan Ambon serta informasi menyangkut dengan hasil seleksi yang telah dilaksanakan yang mana hasilnya sudah ada namun masih ada beberapa hal yang harus dilakukan lagi oleh panitia sehingga pengumuman tidak disampaikan pada saat pembukaan kegiatan namun akan disampaikan pada pertengahan ataupun pada ahir kegiatan monev

Disamping itu hal penting juga yang diingatkan adalah setelah monev ada persiapan cuha untuk kegiatan BP sehingga yang penting untuk diperhatikan. Harapannya para peserta dapat mengikutinya dengan baik mulai dari awal sampai ahir serta serius dalam prosesnya sehingga hasil yang diharapkan dapat bermanfaat bukan untuk pribadi kita namun untuk semua anggota kita; kita juga berharap, almahrum P. Zomer hadir bersama kita sekalian

Selanjutnya adalah perkenalan peserta :

d-3h

Perkenalan Peserta KP Ambon

  • KP Saumlaki;
  • Koordinator Komite : P. Jemmy Balubun, MSC
  • Komite DIKLAT : Ubaldus Sainyakit
  • Komite Audit : Wendelina Oratmangun
  • Kepala KP : Anna Naranlele
  • Staf Keuangan : Viona Lambi
  • KP Kei Kecil
  • Ketua Pengurus : P. Inno Renwarin, MSC “Membantu sementara di KP”
  • Komite Kredit : Kostansia Renyaan
  • Komite Keuangan : Theresia Tamnge
  • Kepala KP : Anselmus Tethool
  • Staf TU & Jalinan : Tince de Lima
  • KP Ambon
  • Koordinator Komite : Yeremias Kulwembun “Komite DIKLAT KP”
  • KomiteKredit : Ignasius Refo
  • Komite Keuangan : Boy Fautngilyanan
  • Kepala KP : Florentina Jempormase
  • Staf Kredit : Robertus Bala
  • Kantor Induk
  • Ketua Pengurus : P. Inno Renwarin, MSC
  • Wakil Ketua : Paulus Watunglawar, SE
  • Sekretaris : Fransina Lamere
  • Bendahara : Fredy Talapessy
  • Anggota Pengurus : P. Isaias Titirloloby, Pr
  • Anggota Pengurus : Donatur Sarbunan
  • Sekretaris Pengawas : Maria J.F Esomar
  • Anggota Pengawas : Fransina Ralahallo
  • Plh Manajer : Yuliana Latan “Kabag TU”
  • Kabag Kredit : Paulus Koryesin
  • Kabag Keuangan : Yeremias J Lelyemin
  • Kabag DIKLAT : Paulus Oratmangun
  • Staf DIKLAT KI : Teresia D Subankoly

Dua orang dari kantor induk tidak hadir namun sudah izin ke Panitia yaitu Ketua Pengawas “Ibu Ros” dan anggota pengurus “Ibu Engli”

Selanjutnya acara pembukaan ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh Bpk. Donatus Sarbunan dan Pengumuman dari panitia.

Pada hari kedua (23 Oktober 2015) Kegiatan dimulai sesuai jadwal yang telah disepakati, seperti biasa diawali dengan rangkaian awal “Doa Pembukaan, Pembacaan Visi, Misi, Slogan dan Nilai-nilai Inti” dan ini langsung di pimpin oleh kelompok yang bertugas pada hari pertama yaitu KP Saumlaki “Ibu Anna” dan selanjutnya diserahkan ke panitia dan panitia mengundang fasilitator untuk langsung memimpin jalannya sesi.

Proses awal dimulai dengan penyampaian agenda kegiatan dari Ibu yuli dan selanjutnya diserahkan kepada Pa Edy untuk membawakan Materi Pertama tentang “Secangkir Kopi” dimana dalam proses ini fasilitator menghantar peserta untuk melihat jalannya kegiatan ini, apa yang harus dilakukan dan apa saja yang harus dibahas, diharapkan juga penggunaan waktu dapat berjalan secara efisien dan materi yang tersaji dapat diserap dengan baik oleh semua peserta

Setelah penyampaian secangkir kopi dari Bpk. Fredy talapessy dilanjutkan dengan Pembahasan laporan dari masing-masing bidang dan tanggapan dari peserta :

  • Pembahasan Kinerja Bidang Keuangan ( 23 Oktober 2015 ) :
  • KP Ambon; disampaikan oleh Kepala KP “Vera Jempormase”; Lihat Laporan KP
  • KP Saumlaki; disampaikan oleh Staf Keuangan “Viona Lambi”; Lihat Laporan KP
  • KP Kei Kecil; disampaikan oleh Kepala KP “Anselmus Tethool”; Lihat Laporan KP
  • Konsolidasi; disampaikan oleh KABAG Keuangan “Yeremias J Lelyemin”; Lihat Laporan KI
  • Pembahasan Kinerja Bidang Kredit ( 23 Oktober 2015 ) :
  • KP Ambon; disampaikan oleh Staf Kredit “Robertus Bala”; Lihat Laporan KP
  • KP Saumlaki; disampaikan oleh Kepala KP“Anna Naranlele”; Lihat Laporan KP
  • KP Kei Kecil; disampaikan oleh Kepala KP “Anselmus Tethool”; Lihat Laporan KP
  • Konsolidasi; disampaikan oleh KABAG Kredit“Paul Koryesin”; Lihat Laporan KI
  • Pembahasan Kinerja Bidang DIKLAT ( 24 Oktober 2015 ) :
  • KP Ambon; disampaikan oleh Staf Kredit “Robertus Bala”; Lihat Laporan KP
  • KP Saumlaki; disampaikan oleh Staf Keuangan “Viona Lambi”; Lihat Laporan KP
  • KP Kei Kecil; disampaikan oleh Staf TU & Jalinan “Tince de Lima”; Lihat Laporan KP
  • Konsolidasi; disampaikan oleh KABAG DIKLAT “Paulus Oratmangun”; Lihat Laporan KI
  • Pembahasan Kinerja Bidang TU & Jalinan ( 24 Oktober 2015 ) :
  • KP Ambon, KP Saumlaki, KP Kei Kecil dan Konsolidasi; disampaikan oleh KABAG TU & Jalinan“Yuliana Latan”; Lihat Laporan KP-KP dan Laporan KI
  • Bahan-bahan yang di diskusikan dalam Monev ini adalah :
  1. Program Kerja masing-masing bidang per KP dan konsolidasi Sampai Bulan September 2015
  2. Realisasi capaian Program Kerja Sampai Bulan September 2015 : lihat Realisasi dan Prosentase (Target Budget, Cashflow)
  3. Hasil Pendampingan Kepala bagian di KP-KP
  4. Hasil Audit Pengawas & Monitoring Pengurus
  5. Hasil Seleksi Pimpinan Manajemen CUHA
  6. CURHAT “Evaluasi Kinerja Pengurus, Pengawas, Komite dan Manajemen”
  7. Rekomendasi perbaikan/Usul

Salah satu moment penting yang terjadi dalam monev ini dimana pada hari kedua kegiatan monev tanggal 24 Oktober 2015 disampaikan pengumuman oleh Tim Seleksi yang menyampaikan tentang hasil seleksi pimpinan Manajemen yang dilakukan oleh tim seleksi dimana melalui suatu proses yang panjang dan melibatkan Tim Profesional dalam Proses seleksi yang di ikuti oleh 10 (sepuluh) orang manajemen sebagaimana yang ditegaskan oleh Bpk. Poli Watunglawar sehingga apapun hasilnya diharapkan semua dapat menerima dengan baik hasil yang telah tersedia, selanjutnya hasil seleksi dibacakan oleh Ibu Diah Esomar dimulai dengan surat keputusan pengurus untuk pelaksanaan seleksi manajer dan hasil seleksi yang telah dilakukan, dari hasil yang ada terpilih 5 orang yang memiliki nilai cukup baik dan satu yang terpilih sebagai manajer baru CU Hati Amboina adalah Ibu Yuliana Latan, semua peserta bahagia menerima hsil yang telah disampaikan oleh Tim.

g9

Manager Terpilih : Ibu Yuli Latan

Pada saat di minta untuk menyampaikan sepatah kata, dengan air mata bahagia ibu Yuli menerima tugas yang baru yang diberikan kepadanya dan berterima kasih atas dukungan dari semua pihak dan meminta agar dapat bekerjasama dengan baik dengan semuanya terutama teman-teman manajemen agar apa yang telah diprogramkan dapat tercapai dengan baik juga terima kasih kepada tim seleksi yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan selesai tepat pada waktunya serta memberikan hasil yang memuaskan bagi kita semua.

Melalui proses yang cukup panjang selama 3 hari, maka di Hasilkan beberapa keputusan atau Rekomendasi yang harus dilaksanakan oleh seluruh aktivis CU diantaranya : Rekomendasi Bidang Keuangan, Bidang Kredit, Bidang Diklat, Bidang Tata Usaha, Pengurus, Pengawas, hasil Audit Pengawas dan Struktur pimpinan Manajemen CU Hati Amboina yang baru

 “seluruh hasil/rekomendasi ini dapat dilihat pada lampiran masing-masing bidang yang ada”

Seluruh peserta bahagia menerima proses yang ada dengan semua rekomendasi yang telah dibuat dan membuat komitmen untuk menjalankan dan melakukan perbaikan demi perubahan CUHA yang lebih baik

DSC_0043

Misa Penutupan Kegiatan

Ahirnya pada hari minggu, 25 Oktober 2015 pukul 18:00 wit kegiatan Monitoring dan Evaluasi ditutup dengan misa syukur yang dipimpin oleh P. Isais titirloloby, PR dan dihadiri oleh semua peserta Monev. Setelah itu, makan malam bersama dan dilanjutkan dengan acara selebrasi, semua peserta mengikutinya dengan bahagia.

 

Pada tanggal, 26 Oktober 2015 semua peserta Chech Out dari tempat kegiatan dan kembali ke tempat masing-masing.

Terima kasih atas partisipasi semua pihak yang terlibat dan telah meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini. Semoga semua rekomendasi yang telah dihasilkan dapat kita jalankan dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab, kita semuanya dinantikan pada kegiatan berikut yang lebih menguras tenaga lagi yaitu Business Plan CU Hati Amboina Tahun Buku 2016. Semog kita tetap semangat

“DANKE” Disiplin, Amanah, Netral, Kejujuran, Empati

 

Ketua Panitia : P. Isaias Titirloloby, Pr

Sekretaris : aLan Oratmangun

 

Iklan