Cikal Bakal Berdirinya CU Hati Amboina

CIMG2215

Pada bulan November 2006 dalam sidang KWI Para Uskup di Indonesia mengundang beberapa pakar dari BKCU Kalimantan antara lain Bapak Drs.A.R Mecer untuk memberikan penjelasan tentang Credit Union yang dikembangkan di Kalimantan. Dalam sidang tersebut para Uskup mengambil keputusan untuk mendukung gerakan CU di keuskupannya masing-masing, sebagai salah satu sarana untuk membantu umat menuju kehidupan ekonomi keluarga yang lebih baik. Bertolak dari keputusan diatas maka sekembalinya Uskup Diosis Amboina dari sidang KWI, beliau mengadakan pertemuan bersama dengan para pastor Keuskupan Amboina untuk menyampaikan hasil sidang, yang salah satunya adalah tentang gerakan Credit Union gaya Kalimantan.  Uskup Diosis Amboina melihat bahwa gerakan ini sangatlah baik bagi perkembangan umat khususnya di bidang ekonomi. Beliau berkeinginan agar gerakan ini bukan hanya dikembangkan di kota Ambon tetapi juga diseluruh wilayah Keuskupan Amboina, dan umat dapat berpartisipasi dan terlibat aktif dalam gerakan dimaksud.

Selain mendengar penjelasan Uskup Diosis Amboina tentang gerakan tersebut, perkembangan gerakan ini “CU Ala Kalimantan” juga sudah mulai dikenal melalui MAJALAH HIDUP. Berbekal dari informasi yang dimuat dalam MAJALAH HIDUP serta sharing yang disampaikan oleh Uskup Diosis Amboina, membuat salah satu misionaris asal Belanda yakni Pastor Wilhelmus Zomer, MSC yang sudah puluhan tahun berkarya di Keuskupan Amboina tersentuh hati-Nya untuk memulai gerakan ini dan berniat membuat CU di Ambon yang dimulai dari Paroki Hati Kudus Yesus dimana beliau ditugaskan. Gagasan dan niat ini semakin diperkuat pada saat MUSPASPAS ( Musyawarah Pastoral Pastores ) Keuskupan Amboina bulan Febuari 2007 yang berfokus pada tema “MENANAM DAN MENABUNG” yang menjadi program keuskupan tahun 2007. Bertolak dari tema tersebut sebagai Pastor Paroki memulai dengan program menabung Rp 1.000 perhari.

CIMG2216

Menindaklanjuti hasil MUSPASPAS, September 2007 Komisi PSE Keuskupan Amboina meyelenggarakan pertemuan bersama selama 2 hari bertempat di Wisma Gonzalo Veloso Karang Panjang Ambon, yang melibatkan seluruh DPP sewilayah kota Ambon dengan mendatangkan Pastor Byanta, C.M ( Sekretaris Executif PSE KWI Jakarta ) dan Pastor Fredy Rante Taruk, Pr ( Ketua PSE Keuskupan Agung Makasar ) untuk mendengarkan keterangan  awal secara langsung mengenai CU gaya Kaliamantan.

CIMG2243

Berdasarkan saran, masukan dari berbagai pihak, beberapa pastor diantaranya Pastor Wilhelmus Zomer, MSC dari Paroki Hati Kudus Yesus, Sr. Fransisco, PBHK dari Yayasan Rinamakana dan beberapa pihak lain berkoordinasi dengan pihak PSE Keuskupan Amboina untuk memfasilitasi Pendirian CU di Kota Ambon. Akhir November 2007 diselenggarakanlah Strategic Planning selama kurang lebih 3 hari bertempat di Aula Yayasan Rinamakana dengan melibatkan DPP inti dari 5 (lima) Paroki di wilayah kota Ambon antara lain : Paroki Hati Kudus Yesus, Paroki Halong, Paroki Passo, Paroki Laha, Paroki Ahuru dan Yayasan Rinamakana. Dalam pelaksanaan Strategic Planning tersebut pihak PSE Keuskupan Amboina bekerja sama dengan PSE KWI  mendatangkan Tim dari BKCU Kalimantan ( Bapak Drs. A.R. Mecer, S. Masiun, Fran Laten, Eduar Edi Susanto ) dan 2 (dua) orang Pastor yakni Pastor Biyanta, CM ( Sekretaris Eksekutif PSE KWI ) dan Pastor Fredy Rante Taruk, Pr ( Ketua PSE Keuskupan Agung Makasar ) untuk sharing pengalaman, memandu/mengarahkan para peserta Strategic Planning.

PASTOR-ZOMERMelalui proses dan perdebatan yang panjang akhirnya terbentuklah Credit Union Ala Kalimantan yang diberi nama KOPERASI CREDIT UNION HATI AMBOINA dan KEPENGURUSANYA yang deklerasikan pada tanggal 30 Nopember 2007 yang di nakhodai oleh Pastor Wilhelmus Zomer, MSC

Berbekal dari keyakinan serta semangat yang menggebu-gebu, Pengurus, Pengawas, Staf beserta Timnya bergerak cepat melakukan sosialisasi kepada umat baik yang berada di wilayah Kota Ambon maupun umat yang berada di wilayah Maluku Tenggara yakni pulau-pulau Kei dan pulau-pulau Tanimbar, alhasil banyak umat tertarik dan mendaftarkan diri sebagai anggota CU HATI AMBOINA.

Iklan